Pelatihan  Result Management

Kegiatan pelatihan Result Management yang diadakan di  Jakarta. Sumber: IADO.

Jakarta,  28 Agustus 2022

Dalam rangka kepatuhan World Anti-Doping Code, IADO membentuk Komite Result Managemen, yang bertugas menetapkan pelanggaran peraturan anti-doping yang dilakukan olahragawan. Gencarnya pengujian IADO terhadap sampel urine olahragawan, baik di dalam maupun di luar pertandingan, berdampak diketemukannya pelanggaran doping berupa zat terlarang dalam sampel urine olahragawan setelah dianalisa laboratorium yang diakreditasi WADA.

Selain melalui kegiatan edukasi, IADO juga mengadakan pelatihan panel Dengar Pendapat dari Komite RM pada tanggal 25 s/d. 28 Agustus 2022. Pelatihan ini diharapkan dapat mendorong para anggota Panel Dengar Pendapat memenuhi standar kompetensi yang diterapkan WADA dalam menjalankan tugasnya untuk mendengar keterangan, serta memberikan sanksi terhadap olahragawan yang melakukan pelanggaran.

Pelatihan dilakukan dengan standar internasional  hukum dengar pendapat yang dipandu langsung oleh  Muhammad Syamil bin Hillmy dari ADAMAS (Anti-Doping  Agency of Malaysia) dan Nageswary Thiagarajan juga dari ADAMAS.  Diharapkan, Komite RM akan lebih mandiri dan juga melindungi hak olahragawan.

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *